Translate

Selasa, 25 November 2014

Pria ini Di penjara Selama 39 Tahun Akibat Kesaksian Palsu

Saksi merupakan salah satu kunci penting dalam mengungkap suatu tindak kejahatan di pengadilan. Seorang saksi dituntut untuk memberikan keterangan yang sejujur-jujurnya dan dan sebenar-benarnya. Lalu apa jadinya jika ada seorang saksi yang memberikan kesaksian palsu dipengadilan?

Tentu hal ini akan membuat tedakwa menjadi dirugikan. Inilah kejadian yang menimpa seorang pria asal Ohio, Amerika Serikat. Akibat kesaksian palsu atas kasusnya, ia harus mendekam dibalik jeruji besi selama 39 tahun.

Seorang tahanan Ohio yang telah menghabiskan hampir empat dekade masa hidupnya di penjara dibebaskan setelah saksi mengaku berbohong. Ricky jackson akhirnya merasakan udara bebas setelah ditahan selama 39 tahun atas kasus pembunuhan.



Seperti yang dilansir SkyNews, Jackson (57), dipenjara bersama dua orang lainnya pada tahun 1975 untuk kasus pembunuhan di wilayah Cleveland terhadap seorang kolektor uang bernama Harold Franks. Polisi menuduh ketiga pria itu memukuli Franks hingga babak belur lalu menyiram wajahnya dengan cairan asam sebelum menembak pria itu sebanyak dua kali.

Saksi dari kasus tersebut adalah seorang anak bernama Eddie Vernon yang saat itu berusia 12 tahu. Bocah yang kini sudah berusia 53 tahun itu mengatakan ”Semuanya itu bohong. Mereka semua bohong,”. Vernon sebernarnya tidak tahu dengan kasus pembunuhan tersebut, pada saat kejadian orang yang memberi kesaksian palsu tersebut tengah berada di dalam bus sekolah. Ia hanya mendengar suara letusan sebanyak dua kali.

Vernon terpaksa memberikan kesaksian palsu tersebut, sebab saat itu dia diancam oleh polisi Cleveland, bahwa orangtuanya akan dipenjara jika dia tidak memberikan kesaksian palsu tersebut. ”Saya tidak memiliki informasi apa-apa terkait apa yang terjadi di lokasi kejadian,” jelas Vernon.

Jackson dan dua saudaranya juga pernah divonis mati lantaran kasus tersebut. Karena tak ada bukti yang kuat, akhirnya hukuman tersebut dicabut pada tahun 1978, sehingga mereka menjalani hukuman penjara seumur hidup.

Ricky jackson menjadi tahanan terlama yang mendekam dipenjara sebelum akhinya dibebaskan. "Saya tidak percaya ini semua telah selesai,” kata Jackson yang menangis mendengar berita pembebasannya.

1 komentar:


  1. para Member setia Fansbetting,
    untuk kalian para pecinta permainan casino online
    yang mungkin sedang mencari agen terpercaya dengan bonus rollingan yang besar
    kami menyarankan kepada kalian semua para member setia kami
    bahwa kami akan memberikan BONUS ROLLINGAN 0.70% untuk kalian semua
    dan langsung otomatis masuk ke dalam id kalian,
    jadi untuk kalian yang mau mencoba bonus ini dan ingin bermain di salah satu agen yang terpercaya
    kalian bisa bermain bersama kami . fansbetting.com
    * CLAIM NOW AND JOIN US *

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    WA : +855963156245^_^

    Ayo tunggu apalagi !!

    BalasHapus